HEADLINE NEWS

Rabu, 22 Juni 2011

Protes Budaya Bermobil, Gowes Bugil di Istana Buckingham

London: Pelaku protes bugil bersepeda di seluruh London merayakan World Naked Bike Ride (WNBR) 18 Juni lalu. Menariknya, Istana Buckingham masuk dalam rute acara ini. Seperti apa?

Di Edinburg, Inggris, rute awal dimulai di Middle Meadow Walk, Meadow. Para pesepeda mulai melucuti baju yang menempel di tubuhnya dan mulai menggambari tubuh atau memakai ‘perlengkapan’ unik yang mereka punya.

Termasuk, celana dalam daun, cat tubuh, dan selotip. Setelah selesai bersiap-siap, para pesepeda ini pun memulai acara mereka. World Naked Bike Ride (WNBR) sendiri diselenggarakan tiap tahun di sekitar 70 kota di 20 negara.

Ajang ini bertujuan memprotes budaya mobil. Lalu, mengapa telanjang? Situs WNBR menjawab, “Telanjang merupakan cara terbaik mempertahankan kehormatan dan mengekspos bahaya yang dihadapi pesepeda, pejalan kaki serta menunjukkan konsekuensi negatif yang ditimbulkan saat terlalu bergantung pada minyak dan bentuk lain energi tak terbarukan”.

Sekitar seribu pesepeda bugil turut acara ini. Rutenya sepanjang 15 km ini dimulai dari Hyde Park hingga Istana Buckingham. Ajang untuk memprotes budaya bermobil ini diadakan dengan menjunjung kata damai, imajinatif dan menyenangkan.

Acara ini juga memiliki tujuan mengekspos bahaya yang bisa saja menimpa para pesepeda saat bersepeda di jalan.

Dress code untuk WNBR kali ini mengusung tema ‘bare as you dare’ dan partisipan tak perlu bugil sepenuhnya. Penyelenggara sendiri saat itu menyarankan agar pesepeda ‘sesedikit mungkin kain namun masih terasa nyaman’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar