HEADLINE NEWS

Selasa, 28 Juni 2011

Pejabat Palestina Mulai Tur Dunia Galang Pengakuan PBB

Ramallah: Palestina akan mengencangkan upaya diplomasi ke seluruh dunia untuk memastikan dukungan bagi pengakuan Palestina sebagai negara merdeka pada Sidang Majelis Umum PBB September mendatang.

Hana Amireh, anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), menyatakan, Senin (27/6), para pejabat Palestina akan segera berkeliling dunia, termasuk ke Kanada, Australia, Selandia Baru, dan India, dalam rangka memastikan dukungan.

Minggu (26/6), Otoritas Palestina akhirnya memutuskan melanjutkan upaya mendapatkan pengakuan dari PBB bagi berdirinya negara Palestina di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Jerusalem Timur. Pengakuan dari Majelis Umum diperkirakan akan dengan mudah didapatkan dan merupakan pukulan telak bagi Israel dan Amerika Serikat secara diplomasi. Namun, semua harus mendapat persetujuan Dewan Keamanan. Di sinilah, veto AS akan menentukan.

Presiden AS Barack Obama jauh-jauh hari telah mengingatkan agar Palestina mengurungkan niat mengajukan pengakuan Majelis Umum, dengan menyatakan hal itu sia-sia. Namun, agaknya Otoritas Palestina tak punya pilihan lain dengan makin jauhnya Israel dari niat bernegosiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar