HEADLINE NEWS

Kamis, 23 Juni 2011

Presiden Ahmadinejad Terancam Impeachment

Jakarta: Sejumlah kementerian di Iran melangkah lebih dekat untuk melakukan impeachment terhadap Presiden Mahmoud Ahmadinejad setelah sejumlah bentrok dengan pendukung Pemimpin Spiritual Tinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Dilansir The Guardian, Rabu (22/6/2011), proses impeachment sudah dilakukan terhadap Menteri Luar Negeri Ali Akbar Salehi karena menunjuk orang terdekat Ahmadinejad, Esfandiar Rahim Mashaei, sebagai deputinya. Sejumlah anggota parlemen mengatakan proses impeachment terhadap Ahmadinejad akan segera berlangsung sesegera mungkin.

Perlawanan antara Ahmadinejad dan sejumlah orang dekat Khamenei menguak setelah kontroversi seputaran Mashei menyeruak. Pendukung Khamenei, mengatakan bahwa Mashaei terlalu memiliki banyak pengaruh terhadap Ahmadinejad.

Mereka menyalah Mashaei yang berusaha menghilangkan pengaruh ulama di negara itu dan menaikkan pamornya sendiri.

Deputi Kementerian Luar Negeri Mohammad Sharif Malekzadeh ditunjuk pada pekan lalu namun mundur pada Selasa (21/6/2011). Meski demikian dengan sejumlah pengunduran itu membuat anggota parlemen Iran akan mengambil mosi impeachment. Parlemen juga menolak nominasi Ahmadinejad untuk pos kementerian pemuda dan olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar